Filinvest’s New Clark City menampilkan wajah baru dari pembangunan berkelanjutan | Real Estate Asia
, Philippines
226 views
Photo from Filinvest

Filinvest’s New Clark City menampilkan wajah baru dari pembangunan berkelanjutan

Pengembang berbasis Filipina itu mendefinisikan ulang keberlanjutan dari ruang hijau dan komponen daur ulang hingga Eco-Tech-Ture dan pabrik baterai kendaraan listrik.

Saat real estat berkembang dalam ranah keberlanjutan, Innovation Park New Clark City dari Filinvest muncul sebagai bukti pergeseran paradigma dalam pembangunan berkelanjutan.

Sementara sektor real estat terus bergerak ke arah ini, keberlanjutan tidak lagi terbatas pada desain fitur lingkungan tradisional tetapi didefinisikan ulang untuk fokus pada kelenturan kualitas. Inilah mengapa para pemimpin bisnis sekarang dengan lancar menerjemahkan komitmen lingkungan mereka ke dalam tindakan nyata, merangkul ruang hijau, energi terbarukan, dan komponen daur ulang.

Perubahan ini terwujud dalam proyek mendatang Filinvest — kota industri dan hunian campuran seluas 288 hektar, Filinvest Innovation Park New Clark City, yang diposisikan di persimpangan pembangunan berkelanjutan dan perencanaan perkotaan progresif.

Yang lebih penting, Filinvest New Clark City akan mencakup beberapa fitur berkelanjutan, seperti penggunaan energi surya dan energi terbarukan lainnya, pabrik pengolahan limbah untuk daur ulang greywater dan irigasi, blok super untuk jaringan listrik pintar, dan inisiatif lainnya. Sejak awal, taman inovasi ini mempertimbangkan keberlanjutan dalam desainnya, namun juga memasukkan fungsi yang bervariasi untuk "maju atau berkembang."

Francis Ceballos, wakil presiden senior dan kepala unit bisnis untuk Industrial & Logistik di Filinvest Land Inc., menyebutkan New Clark City sebagai "kota di mana segalanya bekerja dengan bagian integral yang berbeda." Pandangan tersebut dengan lancar diterapkan untuk memasukkan keberlanjutan ke dalam seluruh proses pengembangan.

Pertama, dengan fitur lingkungan menjadi penting untuk setiap desain, hal ini meluas hingga ke signifikansi geografis dari Clark Freeport. Dahulu merupakan fasilitas Angkatan Udara Amerika Serikat, Clark telah bertransformasi menjadi pusat industri yang berkembang dengan visi pengembangan real estat yang berkelanjutan.

Filinvest Land melihat prospek ekonomi di Clark, tetapi berbagi visi tentang prospek jangka panjang melalui keberlanjutan. Ini lebih lanjut dibuktikan oleh pengembangan strategis New Clark City sebagai kota pertama di Filipina yang didukung oleh 5G, menarik industri dengan keberlanjutan ekologisnya.

Komunitas di sekitar Clark juga penting dalam hal ini, dengan desain untuk menciptakan desain "hijau, inklusif, dan tangguh" untuk komunitas yang berkelanjutan.

Untuk prospek industri, taman inovasi menekankan perlunya adaptabilitas baik secara ekologis maupun ekonomis. Filinvest saat ini memiliki rekam jejak produk fleksibel seperti Ready-Built-Factory (RBF) dan Build-To-Suit (BTS).

Jenis fleksibilitas yang diintegrasikan memungkinkan fungsionalitas 24/7 dan manajemen biaya selama masa krisis ekonomi. Hal ini terutama berlaku untuk industri dengan kebiasaan tenaga kerja yang berubah-ubah, dengan mengintegrasikan ruang yang dibangun sesuai kebutuhan, konektivitas yang stabil, dan infrastruktur yang tangguh. Adaptabilitas adalah kunci untuk menjaga keseimbangan di kedua area tersebut, mencapai "ketahanan operasional dan sinergi kolaboratif."

Dengan taman industri yang terbuka untuk pasar, kemajuan harus terus berlanjut. Dan begitulah desain untuk New Clark City dirancang untuk mengintegrasikan inovasi dan teknologi ke dalam jalurnya.

Menggarisbawahi filosofi Eco-Tech-Ture (Ekologi, Teknologi, Arsitektur), blueprint untuk keberlanjutan secara konstan mengarahkan perkembangan menuju pembangunan. Untuk taman industri masa depan, salah satu contohnya adalah blok super yang menggabungkan rute jalan kaki dan sepeda untuk aksesibilitas.

Untuk pasar yang mendorong inovasi, setiap perkembangan harus mengarah kembali pada menjaga lingkungan yang layak di mana inovasi terus berlanjut dan beradaptasi dengan berbagai bentuk. Dan dibutuhkan harmoni antara transformasi industri dan kerjasama komunal untuk memupuk lingkungan perubahan dan kemajuan di pasar real estat.

Kembali ke New Clark City, dengan visinya tentang lanskap di mana prospek peluang kerja, investasi, dan industri melebihi batas, ini memerlukan strategi yang kuat dan strategis untuk jangka panjang. Dan ini harus datang dari mitra yang paling dapat beradaptasi yang siap menghadapi setiap kemungkinan perubahan atau kemajuan di industri.

Saat ini, salah satu mitra industri pertama New Clark City adalah produsen baterai untuk kendaraan listrik (EV), menandakan komitmennya terhadap lingkungan yang berkelanjutan secara konstan.

Komitmen ini adalah lambang pergeseran di luar sekadar "keberlanjutan demi keberlanjutan semata." Sebaliknya, itu menandakan pembibitan ekosistem dinamis yang mendukung perkembangan manusia, kreativitas, inovasi, dan budidaya produktivitas dan keberlanjutan secara bersamaan.

Apa yang dapat dipelajari oleh pengembang properti dari Azabudai Hills di Jepang

Pengembangan senilai US$4 miliar ini bertujuan untuk menjadi pusat internasional bagi warga asing dan perusahaan modal ventura.

AIRSIDE tempat eco-haven baru yang menonjolkan urban farm dan smart bike parking

Properti komersial ini menyediakan hasil panen dari pertaniannya kepada penyewanya.

Gedung perkantoran tua mengadopsi sistem protokol terbuka untuk manajemen energi

Para ahli juga berpendapat penggunaan sistem manajemen gedung lebih berpeluang untuk menghemat energi.

Perusahaan self-storage semakin booming di tenga industri layanan dan fasilitas tambahan yang berkembang

Di Singapura, StorHub telah memperkenalkan pemesanan online untuk ruang penyimpanan berbagai ukuran.

Pasokan kumulatif kantor di Jakarta CBD kini mencapai 7,4 juta meter persegi

Pasokan juga diperkirakan akan meningkat secara signifikan di luar CBD.

Serviced apartments mendominasi pasokan hotel baru di Jakarta pada 2023

Lebih dari 70% kamar baru yang masuk pasar berasal dari serviced apartments.

Filinvest’s New Clark City menampilkan wajah baru dari pembangunan berkelanjutan

Pengembang berbasis Filipina itu mendefinisikan ulang keberlanjutan dari ruang hijau dan komponen daur ulang hingga Eco-Tech-Ture dan pabrik baterai kendaraan listrik.