Sinar Mas Land semakin membuat BSD City menjadi sorotan | Real Estate Asia
, Indonesia
283 views

Sinar Mas Land semakin membuat BSD City menjadi sorotan

Sinar Mas Land semakin agresif dalam memperkenalkan transformasi BSD City sebagai kota yang berbasis digital dan keberlanjutan.

Ketika pembangunan semakin menjauh dari pusat kota karena ketersediaan lahan yang semakin menipis, para pengembang perumahan menyadari bahwa mereka harus tetap menghadirkan fasilitas layaknya hunian di perkotaan. Hal tersebut dilakukan agar hunian yang mereka kembangkan jauh dari pusat kota tersebut tetap menarik bagi konsumen. Namun Sinar Mas Land lewat BSD City membawa persaingan ke level yang lebih jauh lagi. Mereka mengintegrasikan kawasan BSD City secara digital serta memiliki konsep keberlanjutan.

BSD City sendiri telah menjadi proyek prestius Sinar Mas Land dimana area tersebut kini telah bertransformasi menuju kota pintar dengan menerapkan konsep sustainability dan healthy environment, lengkap dengan kawasan Digital Hub nya. 

“Pengembangan serupa juga kami lakukan di Nongsa D-Town, Batam yang dikembangkan sebagai jembatan digital antara Indonesia dan Singapura,” kata Direktur Sinar Mas Land, Herry Hendarta kepada Realestate Asia.

Menjadi benchmark smart city

Herry mengatakan bahwa konsep ini dipelajari dan diolah secara mendalam didalam kawasan Digital Hub BSD City, termasuk untuk transformasi energi dan mobilitas. Hasil studi ini akan digunakan untuk memberikan solusi transportasi yang rendah emisi karbon, serta sesuai dengan tuntutan global saat ini. 

“Best practices-nya dapat dilihat melalui aplikasi panel surya hingga kendaraan listrik otonom di BSD City dan hal tersebut sesuai visi Presiden Joko Widodo dalam forum G20 yang akan berlangsung di Bali pada November 2022 mendatang,” kata Herry.

Bahkan dalam sebuah kesempatan, Presiden Joko Widodo meninjau pengembangan smart city di BSD City yang dapat digunakan sebagai benchmark  dalam rencana pembangunan ibu kota baru Indonesia di Kalimantan Timur. 

Sinar Mas Land memadukan kepentingan kegiatan bisnis dan perkantoran melalui konsep green building dengan kepentingan pelestarian lingkungan di kawasan BSD Green Office Park lokasi yang ditinjau, meliputi Gedung Sinar Mas Land Plaza BSD dan Gedung Green Office Park (GOP) 9.

Kawasan GOP dan gedung perkantoran yang dibangun telah menerapkan konsep pembangunan berkelanjutan dalam operasionalnya, seperti penerapan green building, operasional yang rendah emisi karbon, hemat energi, kemudian dari sisi pengelolaan sumber daya air nya, adanya pengelolaan sampah hijau, dan less plastic. Semua bangunan yang dikembangkan di dalam kompleks dibangun untuk memenuhi Green Building Council dan US'GBC Leadership in Energy and Environmental Design. Dengan demikian, setiap gedung – Sinar Mas Land Plaza, MyRepublic Plaza (GOP 6), GOP 9, dan Traveloka Campus (GOP 1) – telah mendapatkan sertifikasi dan penghargaan atas upaya hijaunya.

Sinar Mas Land membangun kawasan bisnis baru bernama Digital Hub sejak 2017. Perusahaan menyoroti kawasan ini sebagai melting pot bagi akademisi, komunitas, startup, dan perusahaan multinasional di sektor digital dan kreatif. Perkembangan ini akan dilengkapi dengan fitur teknologi paling canggih. Adapun saat ini tengah diperkuat dengan adanya jaringan fiber optic, Video Conference Room, Interactive Meeting Room, Indoor Sport Facilities Hall, Innovation Show Case Arena, Smart Office, VR Room, Social Space, Game Room, dan 3D Printing.

Membangun ekosistem digital

Dalam pengembangan kota berbasis digital, Sinar Mas Land menemukan tantangan terbesar ada di sisi eksekusi, dimana mereka harus mempertemukan komunitas maupun ekosistem yang ada di BSD City untuk dapat menerima visi yang dicita - citakan Sinar Mas Land. “Kami membangun Digital Hub secara fisik, tapi juga merangkul masyarakat dan komunitas yang terkait,” tambahnya.

Oleh karena itu, Sinar Mas Land juga mengupayakan Digital Hub untuk menjadi digital talent pool. Hasilnya dapat dinikmati dua arah.  Pertama, masyarakat dimudahkan untuk mengenyam pendidikan yang mumpuni di Monash University, Universitas Katolik Atma Jaya, Universitas Prasetiya Mulya, IULI, atau di pusat pendidikan vokasi seperti Apple Developer Academy, Purwadhika Digital School, Techpolitan, Binar Academy dan Creative Nest – seluruhnya berlokasi di kawasan Digital Hub dan sekitarnya. Kedua, keberadaan digital talent pool juga beneficial untuk industri, baik perusahaan startup maupun multinasional, yang bisa mendapatkan SDM dari lulusan sekolah-sekolah tersebut.  

“Sinergi dari komunitas, ekosistem dan keterbangunan ini diharapkan dapat mendukung terciptanya banyak inovasi dan kolaborasi baru yang dapat dinikmati oleh masyarakat luas, salah satunya seperti kemudahan untuk memiliki properti lewat program Double Dream,” kata Herry.

Mengandalkan program Double Dream

Herry mengatakan, BSD City menjadi penyumbang penjualan terbesar di program Double Dream. Double Dream merupakan program penjualan nasional terbaru yang dihadirkan oleh Sinar Mas Land untuk konsumen dan masyarakat pada Februari 2022 lalu. Dalam program ini, konsumen akan mendapatkan keringanan harga, subsidi down payment, hingga berkesempatan untuk mendapatkan dua unit apartemen Southgate di kawasan Jakarta Selatan, selama periode program berlangsung.

Double Dream menawarkan keuntungan double mulai dari double benefit, double saving, dan double rewards untuk memberikan double happiness untuk para konsumen. Program yang memberikan kemudahan bagi konsumen untuk membeli properti tersebut meraih penjualan sebesar IDR 200b ($ 18,76m) satu hari setelah diluncurkan.

“Perusahaan menargetkan pendapatan sebesar IDR 1,5t ($ 140,7m) dari program Double Dream. Target tersebut kami yakini dapat tercapai karena program ini sangat menarik dan bermanfaat bagi konsumen,” kata Herry.

Dibanding program-program sebelumnya, seperti Move in Quickly  ditahun 2020 dengan  keringanan mulai 15%-20%, program Double Dream menawarkan keringanan harga hingga sebesar 22% ditambah cashback hingga 6%. “Konsumen juga dapat menikmati keuntungan yang berlipat ganda jika transaksi dilakukan secara hard cash atau KPR/KPA/KPT ekspres,” kata Herry.

Menariknya, program ini juga dapat digabungkan dengan sejumlah kebijakan pemerintah di bidang properti, seperti insentif Pemulihan Ekonomi Nasional berupa Pajak Pertambahan Nilai Ditanggung Pemerintah (PPN DTP) sampai 30 September 2022, penurunan suku bunga acuan dari Bank Indonesia, hingga relaksasi Loan to Value (LTV) yang memungkinkan konsumen membeli rumah secara kredit dengan uang muka atau Down Payment 0%.

Kepemilikan produk Sinar Mas Land juga makin dipermudah dengan kerja sama untuk Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Kredit Pemilikan Tanah (KPT), dan Kredit Pemilikan Apartemen (KPA) dari 15 bank terpercaya di Indonesia di antaranya CIMB Niaga, Bank Mandiri, OCBC NISP, Maybank, BNI, Permata Bank, BCA, UOB, Bank Tabungan Negara (BTN), Bank Danamon, Commonwealth Bank, Panin Bank, BRI, CCB Indonesia, dan Bank Syariah Indonesia (BSI).

Selain BSD City, Herry mengatakan bahwa proyek Sinar Mas Land yang turut dalam program Double Dream meliputi; Taman Banjar Wijaya di Tangerang, The Elements, Southgate di Jakarta Selatan, Aerium Apartemen di Jakarta Barat, Kota Wisata dan Legenda Wisata di Cibubur​, Grand Wisata di Bekasi, Kota Deltamas di Cikarang. 

Selanjutnya di luar Jabodetabek ada Wisata Bukit Mas dan Klaska Residence di Surabaya, Nuvasa Bay di Batam​, hingga Grand City Balikpapan di Kalimantan Timur. “Produk yang ditawarkan meliputi kaveling, rumah, apartemen, dan ruko,” tambahnya.

Listing produk Double Dream dapat diakses secara online. Selain itu, konsumen juga dapat mengunjungi situs e-catalog mereka untuk melihat show unit secara virtual dan melihat seluruh produk Sinar Mas Land, lengkap dengan data luas tanah, luas bangunan, hingga denah dan fasade bangunan. 

Nilai ekspektasi penjualan dari program Double Dream merupakan bagian dari target keseluruhan penjualan produk Sinar Mas Land sebesar IDR 7.7t ($ 722.31m) pada tahun 2022. Pada tahun 2021, Sinar Mas Land sendiri berhasil mencatat marketing sales yang melampaui target awal sebesar 10%, dari target tahunan IDR 7t ($ 656.65m) yakni menjadi sebesar IDR 7.7t ($ 722.31m). Perusahaan juga mencatat perbaikan yang sangat signifikan jika dibandingkan 2020 yang dapat membukukan IDR 6.5t ($ 609.74m) di sepanjang tahun 2020. Hingga 19 April 2022, program Double Dream telah membukukan penjualan sebesar Rp IDR 580b ($ 38.28m). 

Berdasarkan nilai penjualannya, terbukti transformasi BSD City memang diminati masyarakat perkotaan meski posisinya jauh dari pusat kota.

Follow the link for more news on

Berikut adalah pandangan singkat tentang kinerja Q3 real estat Indonesia

Investasi data center banyak yang masuk ke daerah CBD.

Konsep ruang terbuka hijau membuat The Breeze menjadi mal paling aman di era new normal

Karena konsepnya, tingkat okupansi pengunjung cepat kembali ke 80% ketika pembatasan mulai dilonggarkan.

Cooling down pasar HDB Singapura disaat harga flat mencapai jutaan dolar

Perlambatan pertumbuhan harga mungkin akan terasa pada kuartal keempat tahun ini, kata OrangeTee.

Akankah harga kantor di Jakarta tetap stabil hingga akhir tahun?

Harga kantor strata saat ini berada di IDR55,7m/sqm di CBD.

Market apartemen di Jakarta masih berjalan lambat

Pasokan apartemen kumulatif hanya tumbuh 0,1% menjadi 219.

Apa yang bisa diharapkan dari market perhotelan di Jakarta ke depan

Tingkat hunian bulanan masih di bawah 50% sepanjang tahun ini.

Sewa apartemen Jakarta naik 1-3% dalam tiga tahun ke depan

Persaingan akan semakin ketat karena semakin banyak proyek baru yang masuk ke pasar.

Sewa ritel utama di Jakarta naik 0,7% di Kuartal 2

Sebagian besar  pemilik tanah telah kembali ke tingkat sewa normal.