Tingkat hunian ritel di Jakarta naik menjadi 72,8% pada Q3 | Real Estate Asia
, Indonesia
108 views

Tingkat hunian ritel di Jakarta naik menjadi 72,8% pada Q3

Berkat absennya pasokan baru dan kunjungan mal yang kuat.

Menurut laporan terbaru dari Colliers, aktivitas sewa menyewa di sektor ritel Jakarta menunjukkan pertumbuhan yang signifikan dibandingkan tahun lalu. Lonjakan permintaan terutama terlihat pada sektor F&B yang mendominasi kegiatan penyewaan di dalam mal.

Beberapa penyewa utama aktif mencari ruang baru untuk ekspansi. Contohnya adalah jaringan supermarket terkenal AEON Store yang baru saja membuka toko pertamanya di Alam Sutera. Demikian juga, peritel sepatu dan alas kaki telah mengejar strategi ekspansi agresif, secara bertahap membuka toko-toko baru sejak tahun lalu.

Berikut informasi lebih lanjut dari Colliers:

Meskipun pasar kopi grab-and-go sudah jenuh di Indonesia, pemain lain telah masuk dengan membuka toko pertamanya di Indonesia. Kedai kopi asal Cina ini telah membuka gerainya di Kuningan City, Jakarta Selatan. Jika rencana ekspansi internasional mereka terwujud, kami mengharapkan mereka akan membuka outlet tambahan,tidak hanya di Jakarta tetapi juga di Area Jabodetabek. Tren ini menunjukkan kepercayaan peritel yang semakin tumbuh, seperti yang terlihat dari ekspansi mereka yang terus berlanjut ke pusat-pusat perbelanjaan.

Ketidakhadiran pasokan baru yang berkepanjangan, ditambah dengan tren positif dalam kunjungan mal dan transaksi ritel, telah menyebabkan penurunan tingkat kekosongan sewa di Jakarta. Pada Q3 2023, tingkat hunian rata-rata di Jakarta mencapai 72,8%, menandai peningkatan kecil dibandingkan dengan kuartal sebelumnya. Namun, dengan konstruksi mal yang masih berlangsung diperkirakan akan selesai pada akhir tahun, penurunan kecil dalam tingkat hunian diharapkan menutup 2023.

Di wilayah Jabodetabek, tingkat hunian tercatat sekitar 70,4%, relatif stabil selama tiga bulan terakhir. Mal-mal yang baru dibuka masih memiliki komitmen dari penyewa yang sedang dalam proses penyelesaian toko mereka dan belum memulai operasi. Namun, pasokan yang tinggi diharapkan akan hadir pada akhir 2023 dan dapat mempengaruhi tingkat hunian di wilayah Jabodetabek.

Keinginan untuk membuka toko baru terasa kuat, meskipun penyelesaian mal baru pada akhir 2023 mungkin sementara mengganggu tingkat hunian rata-rata. Namun, komitmen penyewa dalam mal-mal ini diharapkan dapat mendorong peningkatan berikutnya dalam tingkat hunian rata-rata dalam beberapa tahun mendatang.

 

Apa yang dapat dipelajari oleh pengembang properti dari Azabudai Hills di Jepang

Pengembangan senilai US$4 miliar ini bertujuan untuk menjadi pusat internasional bagi warga asing dan perusahaan modal ventura.

AIRSIDE tempat eco-haven baru yang menonjolkan urban farm dan smart bike parking

Properti komersial ini menyediakan hasil panen dari pertaniannya kepada penyewanya.

Gedung perkantoran tua mengadopsi sistem protokol terbuka untuk manajemen energi

Para ahli juga berpendapat penggunaan sistem manajemen gedung lebih berpeluang untuk menghemat energi.

Perusahaan self-storage semakin booming di tenga industri layanan dan fasilitas tambahan yang berkembang

Di Singapura, StorHub telah memperkenalkan pemesanan online untuk ruang penyimpanan berbagai ukuran.

Pasokan kumulatif kantor di Jakarta CBD kini mencapai 7,4 juta meter persegi

Pasokan juga diperkirakan akan meningkat secara signifikan di luar CBD.

Serviced apartments mendominasi pasokan hotel baru di Jakarta pada 2023

Lebih dari 70% kamar baru yang masuk pasar berasal dari serviced apartments.

Filinvest’s New Clark City menampilkan wajah baru dari pembangunan berkelanjutan

Pengembang berbasis Filipina itu mendefinisikan ulang keberlanjutan dari ruang hijau dan komponen daur ulang hingga Eco-Tech-Ture dan pabrik baterai kendaraan listrik.