Tradisi berpadu dengan modernitas di kantor hybrid masa depan | Real Estate Asia
, Singapore
270 views
Source: GuocoLand

Tradisi berpadu dengan modernitas di kantor hybrid masa depan

Guoco Midtown yang baru memiliki lima dimensi fleksibilitas kantor.

Pengaturan kerja yang terus berkembang menimbulkan kebutuhan akan ruang yang fleksibel. Hal ini menantang bisnis untuk menentukan berapa banyak kantor konvesional yang harus dipertahankan atau ditinggalkan oleh pengembang dalam merancang ruang kerja yang tahan terhadap perkembangan jaman. GuocoLand mencapai keseimbangan ini di Guoco Midtown yang baru, sebuah pengembangan mixed-use terintegrasi seluas 3,2 hektar di Downtown Core Singapura.

Pengembangan ini akan menampilkan lebih dari 700.000 kaki persegi ruang kantor Grade A yang diharapkan dapat menampung 10.000 pekerja kantor, penghuni, dan pengunjung.

General Manager (Asset Management) GuocoLand Group Valerie Wong mengatakan kepada Real Estate Asia mereka memanfaatkan pengalaman mereka di Guoco Tower, dan sentimen penyewa dalam merancang pengembangan yang memenuhi kebutuhan ruang yang fleksibel. Fase pertama Guoco Midtown diharapkan akan selesai akhir tahun.

“Di gedung kami saat ini, Menara Guoco dan referensi bangunan lainnya, kami memiliki operator co-working yang memenuhi  satu level fleksibilitas, tetapi kami ingin benar-benar menjadi bagian dari solusi real estat terintegrasi untuk penyewa,” kata Wong.

“Kami melihat apa yang diminta penyewa kami – mereka menginginkan ruang pertemuan tambahan, balai kota yang lebih besar, dan fasilitas MICE hingga 200 orang. Kami melihat yang terbaik dari ruang konvensional dan bagaimana ini ditingkatkan dengan ruang yang fleksibel.”

Read more: How will hybrid working impact office building management?

Lima dimensi fleksibilitas

Wong mengatakan Guoco Midtown memenuhi kebutuhan akan kantor yang tahan terhadap masa depan melalui lima dimensi fleksibilitas kantor, yaitu Flex in Core, Core to Flex, Flex Connect, Flex Lifestyles, dan Flex Cloud. Dia menambahkan, hal ini menyiapkan penyewa untuk melakukan penyesuaian yang diperlukan untuk skenario-skenario tertentu, seperti perubahan siklus bisnis, atau lebih buruk, jika terjadi pandemi lainnya.

Di bawah dimensi Flex in Core, GuocoLand memastikan properti akan memiliki floor plate  yang sangat efisien dan memungkinkan penyewa  mendesain ruang kantor mereka untuk aktivitas kerja.

“Untuk ruang kantor, semua berkaitan dengan efisiensi dan kami membangunnya ke dalam infrastruktur – bagaimana inti bangunan memungkinkan penyewa meningkatkan, apakah ditujukan untuk 200 orang hingga 400 orang per lantai sembari mempertimbangkan keselamatan akan  kebakaran, efisiensi kebutuhan,” katanya.

Konsep Core to Flex memungkinkan perusahaan dengan kantor inti mereka yang berbasis di Guoco Midtown untuk menyewa swing space khusus yang dilengkapi dengan perlengkapan tambahan. Sementara Flex Connect akan memungkinkan penyewa memasuki gedung tambahan Network Hub yang memberikan akses ke ruang kantor dan fasilitas pertemuan berdasarkan permintaan.

Network Hub, dengan luas 80,00 kaki persegi, terhubung langsung ke menara kantor. Hotel ini menawarkan berbagai fasilitas, seperti lounge, ruang pertemuan dan pelatihan hybrid berteknologi serta fasilitas konferensi yang dapat menampung hingga 200 orang. Hub juga memiliki pod kantor yang kedap suara untuk rapat virtual.

“Sebagai tuan tanah, kita harus melihat kapan mereka perlu berkembang, dan kapan mereka membutuhkan ruang fleksibel dalam jangka pendek,” kata Wong.

“Dengan menyediakan network hub yang menawarkan ruang fleksibel, baik itu kecil, untuk lima orang, atau  bahkan seukuran kantor perusahaan, kami memungkinkan penyewa untuk melalukan peningkatan skala.”

Selain itu, GuocoLand berupaya menghadirkan konsep immersive work-live-play kepada para penyewa Guoco Midtown, melalui konsep Flex Lifestyle, dengan fokus pada kesehatan fisik dan mental. Di Guoco Midtown Gardens, penyewa dapat berjalan-jalan di area seluas 3,8 hektar yang menampilkan koleksi 30 taman pribadi dan umum dengan lebih dari 350 spesies tanaman.

Guoco Midtown juga akan memiliki kolam renang sepanjang 40 meter, jalur jogging, dan plaza yang dapat berfungsi sebagai area untuk berolahraga atau sebagai paviliun hiburan. Selain dek hijaunya, Sky Garden akan berada di puncak menara perkantoran setinggi 192 meter.

Di atas area taman, Guoco Midtown menampilkan tiga kluster ritel dengan luas total 50.000 kaki persegi. Dua kondominium mewah, Midtown Bay 219 unit, dan Midtown Modern 558 unit melengkapi konsep Flex Lifestyles Guoco Midtown.

Terakhir, GuocoLand memasukkan konsep fleksibilitasnya ke dalam infrastruktur TI. Melalui Flex Cloud, tenant Guoco Midtown akan diberikan akses layanan private cloud on-demand. Hal ini dapat mengurangi kebutuhan akan pusat data atau ruang server yang besar.

Wong mengatakan membangun Guoco Midtown merupakan tantangan karena GuocoLand bekerja untuk memenuhi kebutuhan penyewa yang datang dari berbagai industri, seperti asuransi, biologi, perdagangan, keuangan, dan bahkan FMCG. Namun yang dilihat oleh GuocoLand adalah tantangan yang dihadapi bisnis saat ini, khususnya siklus bisnis yang pendek, dan perjuangan untuk mempertahankan talenta.

“Mereka menyukai dan menghargai bahwa, sebagai pemilik, kami memperhatikan kesehatan mereka, dengan kolam renang dan dek hijau Guoco Midtown sepanjang 40 meter, yang akan membantu mendukung seluruh inisiatif kesehatan dan ESG untuk penyewa,” katanya.

“Tapi itu juga sangat praktis karena ketika penyewa merencanakan kantor mereka, mereka benar-benar dapat mengubah 20% dari ruang mereka.”

Follow the link for more news on

Pasokan kumulatif kantor di Jakarta CBD kini mencapai 7,4 juta meter persegi

Pasokan juga diperkirakan akan meningkat secara signifikan di luar CBD.

Serviced apartments mendominasi pasokan hotel baru di Jakarta pada 2023

Lebih dari 70% kamar baru yang masuk pasar berasal dari serviced apartments.

Filinvest’s New Clark City menampilkan wajah baru dari pembangunan berkelanjutan

Pengembang berbasis Filipina itu mendefinisikan ulang keberlanjutan dari ruang hijau dan komponen daur ulang hingga Eco-Tech-Ture dan pabrik baterai kendaraan listrik.

Lodes menghidupkan kantor baru di Hong Kong dan menginspirasi pikiran kreatif

Dengan visi untuk mengembangkan bisnis dan mendiversifikasi pengaruhnya, Lodes berusaha membawa seni Italia ke wilayah Asia-Pasifik.

Bagaimana kinerja pasar investasi properti Indonesia pada Q3?

Pasar hotel dan ritel menunjukkan potensi, kantor tetap stabil, dan perumahan masih dalam tekanan.

Tingkat hunian ritel di Jakarta naik menjadi 72,8% pada Q3

Berkat absennya pasokan baru dan kunjungan mal yang kuat.

Pasar ritel Jakarta kini mendukung para pemilik gedung berkat aktivitas mal yang telah pulih

Beberapa pemilik gedung sedang mengevaluasi kombinasi penyewaan untuk mengoptimalkan ruang yang tersedia.