Pasokan ritel di Jakarta tetap stabil pada kisaran hampir 5 juta meter persegi pada Q3 | Real Estate Asia
, Indonesia

Pasokan ritel di Jakarta tetap stabil pada kisaran hampir 5 juta meter persegi pada Q3

Dua mal baru akan menambah luas 85.000 meter persegi pada akhir tahun.

Di Jakarta, pasokan ritel kumulatif relatif stagnan selama dua tahun terakhir, tetap stabil di angka 4,86 ​​juta meter persegi pada Q3 2023, menurut laporan dari Colliers.

Rencana penyelesaian seperti Lippo Mall East Side (di dalam Holland Village) dan Agora Lifestyle Center (di dalam Thamrin Nine), diperkirakan akan menambah sekitar 85.000 meter persegi ruang ritel baru pada akhir 2023. Laporan tersebut mengatakan bahwa kedua mal ini saja akan berkontribusi dengan pertumbuhan pasokan kumulatif di Jakarta sebesar 2,4% dibandingkan 2022.

Berikut selengkapnya dari Colliers:

Di wilayah Jabodetabek, pasokan kumulatif tetap sebesar 2,97 juta meter persegi tanpa ada proyek yang selesai pada Q3 2023. Namun, perkiraan penyelesaian Bintaro Jaya Xchange 2 di Tangerang diperkirakan akan selesai pada akhir 2023. Penyelesaian mal ini akan semakin mendukung upaya pengembangan TOD dengan dibangunnya terowongan yang menyediakan akses langsung ke stasiun kereta terdekat, sehingga meningkatkan aksesibilitas mal. Dengan seluruh proyek pembangunan mal yang sedang berjalan dijadwalkan selesai pada 2023, pasokan kumulatif di wilayah Jabodetabek diperkirakan akan tumbuh sekitar 4,8% dibandingkan 2022.

Konsep ritel terus berkembang. Saat ini, pengembang sedang menjajaki beragam konsep ritel, melampaui model tradisional dan menekankan berbagai penawaran spasial. Ruang ritel yang terletak di tengah gedung perkantoran telah menjadi pilihan populer bagi para pengembang. Selain itu, ada tren yang berkembang dalam menggabungkan fasilitas ritel untuk mendukung inisiatif Transit Orientated Development (TOD).

Selain proyek yang sedang dibangun, beberapa usaha ritel lainnya telah diluncurkan oleh pengembang. Sebagian besar proyek baru ini memiliki kesamaan dalam mempromosikan konsep ritel terbuka. Setelah pandemi ini, konsep luar ruangan ini semakin populer, dan jika terus berjalan dengan baik, kita dapat mengantisipasi semakin banyak proyek pengembangan ritel yang mengadopsi pendekatan inovatif ini.

Pasokan kumulatif kantor di Jakarta CBD kini mencapai 7,4 juta meter persegi

Pasokan juga diperkirakan akan meningkat secara signifikan di luar CBD.

Serviced apartments mendominasi pasokan hotel baru di Jakarta pada 2023

Lebih dari 70% kamar baru yang masuk pasar berasal dari serviced apartments.

Filinvest’s New Clark City menampilkan wajah baru dari pembangunan berkelanjutan

Pengembang berbasis Filipina itu mendefinisikan ulang keberlanjutan dari ruang hijau dan komponen daur ulang hingga Eco-Tech-Ture dan pabrik baterai kendaraan listrik.

Lodes menghidupkan kantor baru di Hong Kong dan menginspirasi pikiran kreatif

Dengan visi untuk mengembangkan bisnis dan mendiversifikasi pengaruhnya, Lodes berusaha membawa seni Italia ke wilayah Asia-Pasifik.

Bagaimana kinerja pasar investasi properti Indonesia pada Q3?

Pasar hotel dan ritel menunjukkan potensi, kantor tetap stabil, dan perumahan masih dalam tekanan.

Tingkat hunian ritel di Jakarta naik menjadi 72,8% pada Q3

Berkat absennya pasokan baru dan kunjungan mal yang kuat.

Pasar ritel Jakarta kini mendukung para pemilik gedung berkat aktivitas mal yang telah pulih

Beberapa pemilik gedung sedang mengevaluasi kombinasi penyewaan untuk mengoptimalkan ruang yang tersedia.