Sewa perkantoran Grade A di Jakarta turun 2,2% pada Q3 | Real Estate Asia
, Indonesia
108 views

Sewa perkantoran Grade A di Jakarta turun 2,2% pada Q3

Masih ada diskon besar-besaran untuk penyewa.

Pada Q321, JLL mengungkapkan bahwa sewa perkantoran di Jakarta tetap berada di bawah tekanan dan penurunan sebesar 2,2% q-o-q tercatat untuk bangunan Grade A. Sewa sudah sangat terjangkau di Jakarta dan tuan tanah masih bersedia memberikan harga sewa yang kompetitif untuk menarik penyewa.

Sewa yang terjangkau adalah kunci untuk menangkap permintaan. Harga sewa telah turun sejak pertengahan 2015 karena meningkatnya tingkat kekosongan dan peningkatan pasokan. Karena permintaan yang terbatas dan tren perampingan, harga sewa kemungkinan besar akan turun lebih jauh.

Berikut lebih banyak dari JLL:

Tingkat kekosongan sedikit menurun

Perusahaan teknologi adalah kekuatan pendorong di balik kesepakatan di pasar perkantoran pada kuartal tersebut, dengan perusahaan teknologi pendidikan menjadi kontributor terbesar. Sebagian besar dari kesepakatan ini juga melibatkan relokasi dan peningkatan ke bangunan Grade A. Beberapa penyewa lain masih aktif di pasar, mencari ruang perkantoran yang relatif lebih kecil.

Permintaan bersih yang positif tercatat sekitar 23.000 m2 dengan tingkat kekosongan Grade A secara keseluruhan sedikit menurun menjadi 34%. Salah satu operator flex-space aktif membuka dua pusat baru di kawasan CBD.

Tidak ada penyelesaian baru di kuartal ini

Tidak ada bangunan Grade A baru yang diselesaikan pada kuartal tersebut dan tingkat hunian keseluruhan tetap rendah di sekitar 66%.

Hanya satu gedung Grade A yang diharapkan selesai pada sisa tahun 2021; yaitu Autograph Tower (sebelumnya Thamrin Nine Tower 1). Sementara itu, Indonesia 1 diundur dari 2022 ke 2023. 

Outlook: Tekanan pasar kemungkinan akan tetap ada

Harga sewa kemungkinan akan terus turun lebih jauh pada tahun 2021 karena tekanan pasar tetap ada karena pandemi. Bangunan lain dengan total 94.000 meter persegi diharapkan akan selesai pada akhir 2021, menyebabkan tingkat hunian tetap di bawah tekanan.

Dengan tingkat kekosongan di wilayah yang belum pernah terjadi sebelumnya, kemungkinan besar sejumlah besar tuan tanah akan terus menghadapi tekanan kekosongan karena melemahnya permintaan dan tren perampingan yang terus berlanjut.

 

Follow the links for more news on

Pasokan kumulatif kantor di Jakarta CBD kini mencapai 7,4 juta meter persegi

Pasokan juga diperkirakan akan meningkat secara signifikan di luar CBD.

Serviced apartments mendominasi pasokan hotel baru di Jakarta pada 2023

Lebih dari 70% kamar baru yang masuk pasar berasal dari serviced apartments.

Filinvest’s New Clark City menampilkan wajah baru dari pembangunan berkelanjutan

Pengembang berbasis Filipina itu mendefinisikan ulang keberlanjutan dari ruang hijau dan komponen daur ulang hingga Eco-Tech-Ture dan pabrik baterai kendaraan listrik.

Lodes menghidupkan kantor baru di Hong Kong dan menginspirasi pikiran kreatif

Dengan visi untuk mengembangkan bisnis dan mendiversifikasi pengaruhnya, Lodes berusaha membawa seni Italia ke wilayah Asia-Pasifik.

Bagaimana kinerja pasar investasi properti Indonesia pada Q3?

Pasar hotel dan ritel menunjukkan potensi, kantor tetap stabil, dan perumahan masih dalam tekanan.

Tingkat hunian ritel di Jakarta naik menjadi 72,8% pada Q3

Berkat absennya pasokan baru dan kunjungan mal yang kuat.

Pasar ritel Jakarta kini mendukung para pemilik gedung berkat aktivitas mal yang telah pulih

Beberapa pemilik gedung sedang mengevaluasi kombinasi penyewaan untuk mengoptimalkan ruang yang tersedia.